Widget HTML #1

Cara Membuat Susu Kedelai (soymilk) di Rumah

Susu kedelai mengandung protein nabati yang baik untuk pembentukan otot dan jaringan tubuh. Ini adalah alternatif yang baik untuk orang yang tidak mengonsumsi produk hewani atau memiliki intoleransi laktosa. Isoflavon dan senyawa lain dalam kedelai berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, sehingga membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan penuaan dini.


Kedelai mengandung isoflavon, senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Susu kedelai bebas laktosa, sehingga sangat cocok bagi orang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa. Selain itu, kedelai mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

Saat ini anda bisa membuat sendiri susu kedelai (soymilk) dengan mudah di rumah yaitu dengan alat khusus yang biasanya disebut dengan Soymilk Maker. Saat ini harga soymilk maker dijual dengan harga sekitar 500 ribuan saja yang bisa anda beli melalui marketplace.


Bagi anda yang ingin membeli soymilk maker dengan harga 500 ribuan dengan kualitas terbaik, soymilk maker dari Ravelle mungkin bisa menjadi salah satu rekomendasi karena dengan harga 500 ribuan saja anda bisa mendapatkan soymilk maker dengan kualitas terbaik, anda tidak perlu pusing untuk menemukan toko yang jual soymilk maker karena produk dari Ravelle sudah bisa anda temukan melalui marketplace seperti shopee, tokopedia, blibli, atau bisa dengan mengunjungi situs resminya yaitu Ravelle.co.id.

Berikut adalah cara sederhana untuk membuat susu kedelai (soymilk) di rumah:

Bahan-bahan:

  • 200 gram kacang kedelai kering
  • 1 liter air (untuk memblender dan merebus)
  • Gula secukupnya (opsional)
  • Perasa seperti vanila, coklat, atau kayu manis (opsional)

Alat-alat:

  • Soymilk Maker
  • Kain saring atau kain muslin
  • Panci
  • Sendok kayu

Langkah-langkah:

  1. Cuci dan Rendam Kedelai: Cuci kacang kedelai dengan air bersih. Rendam kedelai dalam air selama 8-12 jam atau semalaman agar kedelai menjadi lunak. Setelah itu, tiriskan.

  2. Haluskan Kedelai Dengan Soymilk Maker: Masukkan kedelai yang sudah direndam ke dalam soymilk maker. Tambahkan sekitar 1 liter air, kemudian blender hingga halus.

  3. Saring Kedelai: Tuang campuran kedelai yang sudah diblender ke dalam kain saring atau kain muslin di atas wadah. Peras kain untuk memisahkan cairan (susu kedelai) dari ampasnya.

  4. Masak Susu Kedelai: Masukkan susu kedelai yang sudah disaring ke dalam panci. Masak dengan api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk agar tidak gosong di bagian bawah. Setelah mendidih, kecilkan api dan masak selama 10-15 menit.

  5. Tambahkan Perasa: Jika ingin menambahkan gula atau perasa (vanila, coklat, atau kayu manis), masukkan sekarang dan aduk rata.

  6. Saring Lagi (Opsional): Jika Anda ingin susu kedelai yang lebih halus, Anda bisa menyaringnya lagi setelah dimasak.

  7. Sajikan: Susu kedelai siap disajikan hangat atau dingin. Simpan sisa susu kedelai di kulkas dan habiskan dalam 2-3 hari.

Catatan: Ampas kedelai yang tersisa (disebut okara) bisa digunakan untuk membuat kue, roti, atau sebagai bahan tambahan dalam masakan.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Susu Kedelai (soymilk) di Rumah"